Sebanyak 103 santri kurang mampu menempuh pendidikan ilmu agama di Pesantren Madinah Al- Munawwarah Kab. Luwu Timur. Bangunan pesantren sudah banyak yang lapuk karena tak ada dana tuk biaya renovasi

Bantu Ratusan Santri Kurang Mampu di Pesantren yang Hampir Roboh

Update : 15 Oct, 2020

Sebanyak 103 santri kurang mampu menempuh pendidikan ilmu agama di Pesantren Madinah Al- Munawwarah Kec. Tomoni, Kab. Luwu Timur, Prov. Sulawesi Selatan.

Tingginya semangat mempelajari Al-Qur'an tak membuat mereka putus asa walaupun harus belajar dibawah bangunan tak layak karena dinding yang rapuh, atap bocor dan plafon yang ambruk.

944f0e48179b8031d5461e50e0270b24.jpg

302b46d1b78b8e7c9eea36207b9a5abe.jpg

Berdiri diatas tanah wakaf, pesantren ini resmi didirikan sejak 2019 lalu berkat keputusan masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Adapun bangunan yang digunakan adalah bekas sekolah swasta yang sudah tidak digunakan lagi setelah 13 tahun tak berpenghuni.

Di Pesantren ini, pembayaran SPP para santri di gratiskan, mereka hanya dibebankan biaya makan sehari-hari sedangkan upah dari para pengajar diperolah dari dana swadaya masyarakat dan kotak donasi yang disebar di rumah makan sekitar wilayah pesantren tersebut.

faa8420eaea50c71f5e273f55941b1ed.jpg

1a1272bc4dace78d16a1adc3c73c06f0.jpg

Pesantren ini merupakan harapan pencetak generasi Islam di wilayah tersebut, akankah kita membiarkan mereka dengan segala keterbatasan sehingga mereka tak lagi bisa mempelajari ilmu agama.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan dunia orang mukmin, maka Allah akan menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat. Barangsiapa yang memberi kemudahan orang yang kesulitan (utang), maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Siapa saja yang menolong saudaranya, maka Allah akan menolongnya sebagaimana ia menolong saudaraya. Barangsiapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. Tidaklah berkumpul sekelompok orang di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya di antara mereka, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, rahmat meliputinya, para malaikat mengelilinginya, dan Allah menyanjung namanya kepada Malaikat yang ada di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalnya, maka tidak akan bisa dikejar oleh nasabnya (garis keturunannya yang mulia).” (HR. Muslim dengan lafal ini) [HR. Muslim, no. 2699]

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

ACT Makassar

Created 15 Oct, 2020 Luwu Timur, Sulawesi Selatan Pendidikan dan Dakwah

Rp 470,073 Terkumpul