Pondok Pesantren Madinah Al- Munawwarah, Kab. Luwu Timur, Prov. Sulawesi Selatan harus rela memberikan pelajaran pada santri di bawah bangunan yang sudah lapuk disana sini.

Bantu para Santri di Lutim agar bisa belajar di tempat layak

Update : 07 Jan, 2021

Kondisi belajar yang kurang nyaman, terpaksa harus dirasakan para santri Pondok Pesantren Madinah Al- Munawwarah, Kab. Luwu Timur, Prov. Sulawesi Selatan karena hanya menggunakan bangunan bekas sekolah swasta yang sudah 13 tahun tidak digunakan dan tak dihuni.

Pihak ponpes hanya dapat menyediakan kursi dan meja seadanya dan belum dapat menambah fasilitas baru. Plafon gedung sudah ambruk, jendela sudah rusak, dan atap sudah banyak yang bocor.

944f0e48179b8031d5461e50e0270b24.jpg

302b46d1b78b8e7c9eea36207b9a5abe.jpg

Ponpes juga ini juga memiliki jumlah buku umum dan buku agama jyang terbatas. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa ketika perpustakaan tergenang ketika hujan karena atapnya bocor.

Saat ini ponpes menghadapi berbagai kesulitan, seperti menggaji guru, biaya operasional harian, serta biaya renovasi pesantren. Saat ini, pihak ponpes sedang menggembala dua ekor kambing pemberian dari warga sekitar yang nantinya digunakan dijual untuk menambah biaya renovasi, yang tentu saja masih belum mencukupi semua biaya yang dibutuhkan.

faa8420eaea50c71f5e273f55941b1ed.jpg

1a1272bc4dace78d16a1adc3c73c06f0.jpg

Pihak ponpes tidak membebankan banyak biaya pada santri, hanya biaya makan sehari-hari. Mereka juga menanam sayur sendiri untuk dimakan serta mengandalkan pemberian warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Mereka memberi beras, sayur, hingga sembako untuk para santri.

Pihak ponpes tidak dapat memaksakan biaya yang tinggi pada santri, mengingat banyak dari mereka yang berasal dari keluarga dhuafa. Hal itu membuat mereka hanya mampu menggaji guru hanya Rp100.000 per bulan, serta mengandalkan kotak amal yang disebar di rumah makan sekitar ponpes.

Tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menubuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui."

Oleh karena itu, kami mengajak Sahabat Dermawan untuk salurkan sedekah terbaik dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

ACT Makassar

Created 15 Oct, 2020 Luwu Timur, Sulawesi Selatan Sarana dan Infrastruktur

Rp 510,073 Terkumpul